Cara memperbaiki hardisk yang terbakar

Recovery data HDD yang terbakar

Pagi ini saya disodorkan pada sebuah hard disk IDE 40GB dengan kondisi terbakar pada PCBnya oleh seorang konsumen. Dengan wajah memelas dan penuh harapan si konsumen minta agar data-datanya di dalam hard disk tersebut diselamatkan. Yang terpenting adalah data-data hasil penelitian skripsinya.

Saya tanyakan mengapa bisa terjadi, ternyata semula dia hendak melakukan scan dan membackup data-datanya dengan menjadikannya sebagai external hard disk dengan menggunakan IDE converter dan adaptor tambahan. Entah sial atau apa, akhirnya terpangganglah hard disk tersebut.

Aroma PCB terbakar masih menyengat dari hard disk tersebut yang menandakan bahwa baru saja ada lonjakan arus listrik yang menghanguskan salah satu komponen PCB tersebut.

1

Tak berlama-lama, hal pertama yang saya lakukan untuk menyelamatkan data-datanya adalah memastikan hard disknya masih terdeksti di BIOS, dan ternyata hasilnya BIOS tidak mendeteksi adanya kehidupan di hard disk tersebut.

“Hmm, rusak berat neh hardsik..” guman saya.

Kemudian saya bongkar-bongkar tumpukan hard disk bekas yang saya punya. Kebetulan saya mengumpulkan hard disk bekas, baik yang sudah tidak saya pakai atau hard disk korban saya berpraktek ria ataupun dari orang yang mau menjual hard disk bekasnya kepada saya. Sambil promo, kebetulan saya menerima bila ada yang menjual hardsik bekas dalam kondisi rusak, hehe.

Ok, mari kita lanjutkan, nah bila BIOS sudah tidak bisa mendeteksi adanya hard disk, berati kerusakannya bisa dikategorikan berat dan solusi satu-satunya adalah kanibal. Kanibal yang dimaksudkan adalah, menggantik komponen PCB yang terbakar dengan PCB yang masih utuh dari hard disk dengan merk dan serial model sama.

Saya pastikan merk dan model hard disk tersebut, ternyata diatara hard disk bekas yang menumpuk saya jumpai yang saya cari, PCB nya sama dan masih utuh.

4
3
Kemudian hard disk yang terbakar perlahan saya buka PCBnya, dan saya gantikan dengan hard disk yang masih utuh.

Akhirnya PCB sudah berpindah ke hard disk yang terbakar tadi, dan saatnya kita apakah masih ada kehidupan yang bisa diselamatkan, dan hasilnya…

5

Seeepppp, puji syukur hard disknya terdeksi di BIOS dan saatnya memback up data datanya yang penting.

Kemudian berita bahagia ini saya sampaikan ke konsumen saya dan penuh riang gembira dia mendapatkan data-data yang di butuhkan untuk melanjutkan kehidupannya.

Dan pertanyaan terakhir dari konsumen saya adalah..

“berapa saya harus membayar?…” hehehe…

Yah demikian dulu deh sharenya, kalo ada kasus mengenai data hilang, terhapus, terformat dan bahkan hard disk rusak berat seperti kasus saya diatas, bila anda kurang yakin bisa melakukan hal yang saya lakukan karena  keterbatasan alat maupun keberanian pengalaman bisa call saya masalah harga bisa diaturlah. :)

Yah demikian dulu sharenya, semoga bermanfaat

3 thoughts on “Cara memperbaiki hardisk yang terbakar

  1. Wonderful goods from you, man. I’ve understand your stuff previous to and you are just extremely excellent.
    I really like what you have acquired here, really like what you are saying and the way
    in which you say it. You make it enjoyable and you still care for to keep it smart.
    I can not wait to read much more from you. This is actually a
    great site.

Leave a Reply

