Rempah-Rempah dan fungsi manfaatnya bagi kesehatan

1. Adas Manis

Adas manis memiliki rasa yang sedikit manis dengan aroma yang sangat khas. Tak heran jika rempah ini sering digunakan sebagai bumbu penyedap pada beberapa jenis masakan, tak hanya di Indonesia tapi juga di beberpa negara di Eropa dan Asia.

Selain untuk masakan, adas manis juga digunakan sebagai campuran pada minuman beralkohol seperti Raki di turki, Sambuca di Italia, dan masih banyak lagi. Bentuknya mungil sedikit gendut ini juga memiliki khasiat untuk kesehatan, biasa digunakan sebagai antiparasit ringan.

Tak hanya buahnya, daunnya juga bisa digunakan untuk merawat gangguan pencernaan, meredakan sakit gigi, dan minyak esensialnya bisa digunakan untuk merawat penyakit kulit seperti kudis, kurap, ataupun kutu. Minyak essensial adas manis juga digunakan sebagai aroma terapi untuk menyembuhkan flu dan pilek.

Jika Anda mengalami sulit tidur, adas manis yang sudah diseduh dengan air hangat dan diberi sedikit madu bisa membantu mengatasinya. Dan apabila buahnya dikunyah, bisa menyegarkan pernafasan loh! Dibeberapa negara seperti Thailand dan Pakistan adas manis digunakan sebagai campuran teh untuk memberikan aroma yang khas.

2. Andaliman

Manfaat Buah Andaliman
Tanpa andaliman, masakan seperti sangsang atau arsik, rasanya hambar. Ada citarasa spesifik ketika ditumbuk dengan cabai, membuat bumbu masakan menimbulkan aroma dan taste (citarasa) yang mengundang selera makan. Rasa pedas dan aroma andaliman beda dengan pedasnya cabai, sungguh pas di lidah orang Batak yang suka masakan pedas menggigit.

Andaliman diduga mengandung senyawa yang mempunyai aktivitas sebagai antimikroba dan antioksidan. Di bidang pangan antioksidan digunakan untuk melindungi lemak/minyak terhadap kerusakan oksidatif. Dalam kaitan dengan aplikasinya, aktivitas antioksidan dipengaruhi oleh sistem pangan yang merupakan medium bagi antioksidan tersebut. Proses panas yang diterapkan pada pengolahan pangan serta pH makanan turut pula mempengaruhi kestabilan aktivitas antioksidan.  Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas antioksidan ekstrak buah andaliman pada berbagai sistem pangan dan untuk mengetahui kestabilan aktivitasnya terhadap beberapa kondisi suhu dan pH.

Aktivitas antioksidan ekstrak buah andaliman dalam sistem minyak juga lebih rendah dibandingkan BHT, yang ditunjukkan dengan waktu induksi rata-rata 7.29 jam untuk ekstrak etanol, 7.02 jam untuk ekstrak heksana-etanol, 8.18 jam untuk BHT clan 6.19 jam untuk kontrol. Komponen yang memiliki aktivitas sebagai antioksidan pada ekstrak buah andaliman bersifat relatif tahan panas. Pada pengujian dalam sistem aqueous, perlakuan dengan suhu 175°C selama 120 menit menurunkan faktor protektif sekitar 17 persen untuk ekstrak etanol clan 13.6 persen untuk ekstrak heksana-etanol.

Buah andaliman juga kaya akan vitamin C dan E yang berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

3. Asam Jawa

Khasiat ampuh Asam Jawa

Siapa sangka, asam Jawa yang biasa kita pakai sebagai bumbu dapur, dan bahan pembuat jamu, ternyata memiliki khasiat yang lebih hebat dari yang dapat kita bayangkan. Si Asam hitam ini dapat membunuh asma, batuk, demam, rematik, borok, sampai bisa gigitan ular. Mau tahu caranya?

Buah polong asam jawa mengandung senyawa kimia antara lain asam appel, asam sitrat, asam anggur, asam tartrat, asam suksinat, pectin dan gula invert. Buah asam jawa yang masak di pohon di antaranya mengandung nilai kalori sebesar 239 kal per 100 gram, protein 2,8 gram per 100 gram, lemak 0,6 gram per 100 gram, hidrat arang 62,5 gram per 100 gram, kalsium 74 miligram per 100 gram, fosfor 113 miligram per 100 gram, zat besi 0,6 miligram per 100 gram, vitamin A 30 SI per 100 gram, vitamin B1 0,34 miligram per 100 gram, vitamin C 2 miligram per 100 gram. Kulit bijinya mengandung phlobatannnin dan bijinya mengandung albuminoid serta pati. Jadi, komplet kan?

Beberapa penyakit yang dapat disembuhkan oleh asam ini adalah:

Asma. Bahan: 2 potong kulit pohon asam jawa, adas pulawaras secukupnya. Cara membuat: kedua bahan tersebut direbus dengan 1 liter air sampai mendidih, kemudian disaring.Cara menggunakan: diminum 2 kali sehari

Batuk KeringBahan: 3 polong buah asam jawa, ½ genggam daun saga. Cara membuat: kedua bahan tersebut direbus dengan 4 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas dan disaring. Cara menggunakan: diminum 2 kali sehari, pagi dan sore.

Demam. Bahan: 1 genggam daun asam jawa, adas pulawaras secukupnya. Cara membuat: kedua bahan tersebut direbus dengan ½ liter air sampai mendidih, kemudian disaring. Cara menggunakan: diminum 2 kali sehari, pagi dan sore

Sakit Panas. Bahan: 2 polong buah asam jawa yang telah masak, garam secukupnya. Cara membuat: kedua bahan tersebut disedu dengan 1 gelas air panas, kemudian disaring. Cara menggunakan: diminum biasa. Catatan: bagi ibu hamil tidak boleh minum resep ini

Reumatik. Bahan: 1 genggam daun asam jawa, 2-3 biji asam jawa (klungsu = jawa). Cara membuat: kedua bahan tersebut ditumbuk halus. Cara menggunakan: dipakai untuk kompres bagian yang sakit

Sakit perut. Bahan: 3 polong buah asam jawa yang sudah masak, kapur sirih dan minyak kayu putih secukupnya. Cara membuat: semua bahan tersebut dicampur sampai merata. Cara menggunakan: digunakan sebagai obat gosok, terutama pada bagian perut

Alergi/Biduren (Jawa). Bahan: 2-3 golong buah asam jawa yang telah tua, garam secukupnya, ¼ sendok kapur sirih. Cara membuat: semua bahan tersebut direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 2 gelas dan disaring. Cara menggunakan: diminum 2 kali sehari, pagi dan sore

Sariawan. Bahan: 2 polong buah asam jawa, 2 rimpang temulawak sebesar ibu jari, 1 potong gula kelapa. Cara membuat: semua bahan tersebut direbus sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas, kemudian disaring. Cara menggunakan: diminum biasa

4. Bangle

Bangle (Zingiber montanum (J.König) Link ex A.Dietr. = syn. Zingiber cassumunar, syn. Z. purpureum Roxb.) adalah salah satu tanaman rempah-rempah anggota suku temu-temuan (Zingiberaceae). Rimpangnya dimanfaatkan sebagai bumbu dapur dan bahan pengobatan. Tumbuhan ini dikenal diberbagai tempat dengan nama yang bervariasi: mungle (Aceh), bungle (Tapanuli), kunik bolai (Tanah Minang), panglai (Pasundan), pandhiyang (Madura), bale (Makassar), panini (Bugis), unin makei (Ambon).

Bangle ditemukan di India tropis dan Asia Tenggara.

Beberapa khasiat bangle adalah sebagai berikut:

  • Mengobati asma. Caranya, ambil umbi bangle secukupnya, lalu rebus dengan air yang mendidih selama kurang lebih 1/2 jam. Minum airnya.
  • Mengobati kepala pusing. Caranya, ambil 2 jari bangle, cuci, lalu parut. Gosokkan pada tengkuk dan pelipis sebanyak 1x dalam sehari.
  • Mengobati masuk angin. Caranya, ambil 1 jari bangle, 1 jari lempuyang, 1 jari jahe, dan 2 jari kencur. Cuci bersih lalu parut. Tambahkan air masak 2 cangkir, lalu peras dan saring. Minum airnya 2 kali sehari masing-masing sebanyak 1 cangkir.

5. Bawang Bombay

Jenis bawang yang seringkali hanya sebagai pelengkap makanan ini ternyata memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Menurunkan kadar kolesterol dan mencegah kanker, sudah terbukti!

Saat ini, bawang bombay tidak asing lagi di dapur masyarakat Indonesia. Bawang bombay sering kali digunakan sebagai bahan pelengkap untuk membuat berbagai macam masakan, terutama masakan ala Eropa. Penggunaan bawang bombay yang hanya sebatas bahan pelengkap saja ini patut disayangkan, karena sesungguhnya sejenis bawang yang berukuran besar ini memiliki khasiat yang sangat banyak.

Manfaat bawang bombay sebenarnya telah disadari sejak dahulu kala. Bahkan ada suatu berita bahwa pada zaman Yunani kuno,, para pekerja pembuat Piramid mengonsumsi bawang bombay. Dalam berita itu dikatakan bawang bombay dapat menambah tenaga dan meningkatkan kekuatan para pekerja pembuat Piramid.

Akhir-akhir ini seringkali dibicarakan mengenai dampak buruk oksigen aktif terhadap tubuh. Dampak oksigen aktif tersebut indentik dengan masalah berat seputar kesehatan, terutama sebagai pemicu timbulnya kanker dan pendorong penuaan.

Seiring perkembangan zaman, teknologi maju bisa membuktikan aneka manfaat bawang bombay bagi tubuh kita. Salah satunya adalah sebagai anti oksidan yang berfungsi untuk menghambat kerja oksigen aktif, dan mencegah berbagai zat lain yang nantinya menjadi racun bagi tubuh. Sebagai anti oksidan, baik dari sisi zat yang dikandung maupun dari kadarnya, bawang bombay merupakan salah satu bahan yang tepat.

Sebagai contoh, salah satu zat ayang dikandung bawang bombay adalah gultation. Gultation adalah salah satu unsur yang berfungsi sebagai anti oksidan. Zat ini juga terdapat pada liver dan bola mata. Bila gultation berkurang, akan mengakibatkan menurunnya fungsi hati dan memicu terbentuknya katarak.

Menurunkan kadar gula darah

Diabetes terjadi karena tidak mencukupinya insulin yang disekresikan oleh pankreas. Diabetes juga dapat disebabkan oleh menurunnya kerja insulin. Insulin merupakan hormon yang bekerja untuk mengambil grape sugar yang terdapat pada darah ke dalam sel. Oleh karena itu, bila seseorang terkena diabetes, maka gula darahnya akan tinggi dan susah diturunkan.

Berdasarkan uji klinis yang dilakukan, diketahui bahwa dengan mengonsumsi bawang bombay dapat menurunkan gula darah. Penelitian pernah dilakukan di Jepang dengan melibatkan 11 orang penderita diabetes sebagai responde. Selama 16 minggu, responden diminta untuk mengonsumsi bawang bombay setiap hari. Hasilnya, 80% responden mengalami penurunan kadar gula darah. Tidak hanya itu saja, kadar kolesterol dan lemak pun berkurang.

Menurunkan kolesterol dan tekanan darah

Jantung koroner dan stroke merupakan penyakit yang menjadi faktor kematian yang tinggi di Indonesia. Kedua penyakit ini disebabkan oleh pengerasan pembuluh jantung. Pengerasan ini terjadi karena tersumbatnya saluran peredaran darah oleh kolesterol jahat yang terdapat di dalam darah.

Bawang bombay dapat menekan bertambahnya kolesterol yang terdapat di dalam darah, dan mencegah terserapnya trombosit yang merupakan dasar terbentuknya thrombus. Bawang bombay juga mengandung unsur yang disebut protaglandin yang secara nyata dapat bekerja langsung untuk menurunkan tekanan darah.

Untuk mencegah kanker.

Penyakit mematikan lainnya adalah kanker. Kanker berhubungan erat dengan lingkungan di sekitarnya dan pola hidup, terutama pola makan seseorang. Saat ini penelitian mengenai kanker terus dilakukan.

Faktor untuk mencegah terkena kanker, adalah dengan mengonsumsi berbagai macam vitamin, misalnya vitamin A, C, dan E, juga mengonsumsi zat-zat kombinasi sulfur dan flabonoid. Bawang bombay mengandung kesemua unsur tersebut. Bawang bombay kaya akan flabonoid jenis kelsetin. Dengan demikian, bawang bombay juga dapat disebut sebagai bahan makanan pencegah kanker.

Bawang bombay juga banyak mengandung vitamin B1 yang berfungsi untuk mendorong vitalitas dan meningkatkan nafsu makan.

Pada penelitian yang dilakukan oleh salah satu universitas di Amerika pada tahun 2004, diteliti reaksi perkembangan sel kanker bial sel tersebut disatukan dengan zat-zat yang dikeluarkan oleh bawang bombay. Dari penelitian tersebut diketahui bahwa beberapa jenis baawang bombay dapat berkhasiat untuk mencegah kanker hati dan kanker usus besar.

Jenis bawang bombay yang dimaksud adalah bawang bombay yang mengandung unsur bau yang kuat. Bau tersebut timbul karena adanya kandungan asam fenol. Semakin kuat baunya, menandakan semakin banyak asam fenol yang terkandung. Ini juga berarti semakin kuat khasiat bawang bombay sebagai pencegah kanker.

Jadi, mulai sekarang, tak ada salahnya anda menambahkan bawang bombay pada menu makan Anda sehari-hari

6. Bawang Merah

Diriwayatkan dari Abu Dawud dalam Sunannya, dari Aisyah ra bahwa beliau pernah ditanya tentang bawang merah, Aisyah menjawab : “Sesungguhnya makanan yang paling terakhir dimakan oleh Nabi SAW adalah makanan yang di dalamnya terdapat bawang merah.” Karena aromanya yang kurang disukai, maka dalam Hadits Bukhari Muslim, Nabi SAW melarang memakannya ketika hendak masuk masjid.

Kandungan Bawang Merah

Bawang merah mengandung banyak serat seluloza yang kaya akan minyak sulfat yang mudah menguap. Juga mengandung zat-zat karbohidrat, asam fosfat, vitamin B dan C. Susunannya sebagai berikut: 8,86% air, 1,3% protein, 1% lemak, 10,3% karbohidrat dan unsur-unsur lain seperti dari fosfor, kalsium dan besi. Dalam setiap 100 gr bawang merah terdapat 48 kalori.

15 Manfaat Bawang Merah

  1. Minyak yang mudah menguap yang terkandung dalam air bawang merah berguna untuk membunuh sebagian besar mikroba staphylococci, demikian juga mikroba streptococci yang dapat menyebabkan penyakit radang pada toraks dan kerongkongan.
  2. Dapat juga membunuh mikroba diphtheria, amuba disentri dan mikroba TBC. Bawang merah benar-benar mampu menghilangkan bakteri-bakteri tersebut dalam waktu singkat.
  3. Uap bawang merah bisa digunakan untuk membersihkan luka dan dapat menyembuhkannya.
  4. Dapat mengaktifkan gerakan lambung.
  5. Mengunyah bawang merah selama beberapa menit dapat membersihkan mulut dari mikroba termasuk mikroba diphtheria.
  6. Menghirup bau bawang merah atau memakannya dapat menyebabkan minyak yang mudah menguap yang mengandung sulfat dan dapat masuk ke dalam darah manusia, yang nantinya bisa membunuh mikroba yang bisa menyebabkan penyakit.
  7. Bawang merah juga memiliki unsur yang mirip dengan hormon insulin yang dapat membantu mengurangi kadar gula dalam darah.
  8. Mengonsumsi bawang merah yang masih mentah maupun sudah masak dicampur dengan keju dapat meminimalisir terjadinya pembekuan darah.
  9. Untuk mengobati batuk rejan dan radang paru dengan menggunakan bawang merah sebagai kompres di atas dada. Jika diletakkan di atas ginjal dan kantong kemih, bisa menyembuhkan susah buang air kecil. Jika diletakkan di atas kedua telapak kaki, maka dapat menyembuhkan gangguan pada fungsi pengaturan darah. Dan jika diletakkan di atas luka, maka akan mengeluarkan nanah dan darah kotor. Cara membuat kompresan dari bawang ini adalah dengan memotong-motong bawang merah menjadi beberapa potongan kecil lalu dipanaskan. Setelah itu, diletakkan di daerah yang hendak diobati, kemudian diikat dengan kain. Lakukan penggantian perban tersebut setiap 12 jam.
  10. Potongan-potongan bawang merah bisa digunakan juga untuk mengobati kalu dan mata ikan pada kaki, yaitu dengan cara membubuhkan potongan-potongan bawang tersebut di sekitar kalu atau mata ikan pada sore hari sampai pagi hari. Ulangi hal tersebut sampai terlepasnya kalu atau mata ikan dari kaki, lalu cuci dengan air hangat dan sabun.
  11. Air bawang merah digunakan untuk pembalut pada bagian anggota tubuh yang terpotong untuk menghilangkan rasa sakit.
  12. Bawang merah apabila ditumbuk dan didihkan dengan minyak zaitun bisa digunakan untuk mengobati pecah-pecah pada puting dan wasir.
  13. Seduhan bawang merah ini dapat digunakan untuk menghilangkan cacing pada anak-anak, yaitu dengan cara menyeduh potongan-potongan bawang merah dan memasukkannya ke dalam air dan disimpan sepanjang malam, lalu pada siang hari diminumkan kepada anak setelah dicampur dengan madu. Ulangi proses tersebut setiap pagi hingga cacing benar-benar keluar seluruhnya.
  14. Bawang merah juga bisa menghilangkan cacing di lambung dan mengobati wasir dengan cara membuatnya sebagai obat pencahar dari bawang merah yang telah dipanaskan sekitar kurang lebih 3 menit dalam 1 liter air. Dalam hal ini gunakan bawang merah yang ukurannya sedang agar bisa dimasukkan ke dalam anus.
  15. Menghirup aroma bawang merah dapat mengobati rasa pusing dan pingsan. Sebab baunya sangat menusuk sehingga dapat merangsang peredaran darah dan fungsi pernapasan. Demikian juga fungsi-fungsi saraf. Dengan demikian, bawang merah dapat digunakan sebagai pertolongan pertama daripada harus menggunakan amoniak.-Dikutip dengan perubahan dari Buku :

‘Pola Makan Rasulullah’ oleh Prof. Dr. Abdul Basith Muhammad as-Sayyid’

7. Bawang Putih

BAWANG putih merupakan salah satu bumbu dasar masakan peneman bawang merah. Selain meningkatkan kualitas rasa, bawang putih memiliki khasiat menyembuhkan beberapa penyakit.

Aroma dari bawang putih memang menyengat dan mungkin tidak terlalu disukai. Tetapi bawang putih memiliki efek penyembuhan yang hebat. Tanaman ini bisa menjadi ramuan obat untuk melawan penyakit dan menyembuhkan masalah kulit.

Berikut manfaat dari bawang putih dalam memberikan efek penyembuhan, sebagaimana dilansir Boldsky, Senin (26/3/2012).

Detoksifikasi dengan jus bawang putih

Ups, jangan mengernyitkan dahi dahulu! Jus bawang putih memang terdengar menyeramkan bagi yang belum pernah mencoba dan mendapatkan manfaatnya. Tapi, jus bawang putih memiliki beberapa manfaat kesehatan karena dapat mengeluarkan racun dari tubuh melalui pori-pori kulit.

Menjaga kesehatan jantung

Bawang putih sangat baik untuk pasien jantung. Sulfida dalam bawang putih menurunkan kadar kolesterol LDL sehingga mencegah penyakit kardiovaskuler seperti serangan jantung atau penyumbatan.

Memberi manfaat bagi penderita diabetes

Jika Anda penderita diabetes, baik untuk mengonsumsi beberapa siung bawang putih dalam menu makan harian. Bawang putih bermanfaat bagi kesehatan Anda dengan meningkatkan tingkat insulin dalam aliran darah.

Mengandung Allicin, si pelindung dari infeksi

Allicin dalam bawang putih merupakan senyawa anti-jamur yang melindungi tubuh dari infeksi dan meningkatkan antibodi.

Menjaga kesehatan telinga

Jika Anda memiliki infeksi atau sakit pada telinga, bawang putih dapat membantu Anda. Teteskan dua hingga tiga tetes minyak bawang putih hangat hasil ekstrak. Antioksidan dalam bawang putih membunuh bakteri dan mengeluarkan kotoran di dalamnya

8. Bunga Lawang

Nama Lawang
Pekak atau bunga lawang mempunyai nama latin Illicium verum.
Di beberapa negara dan daerah, pekak memiliki nama yang berbeda, diantaranya adalah:
Orang keturunan Tionghoa di Jawa menyebutnya pekak.Orang Bali memanggilnya dengan sebutan bunga lawang.Sedangkan negara Eropa menyebutnya star anise karena bentuknya menyerupai bintang.Di Italia disebut anice stellato.Masyarakat Jerman menyebutnya Sternanis.Sedangkan dalam Bahasa Cina adalah ba jiao atau bat gok yang memiliki arti “delapan tanduk”, sesuai dengan bentuknya yang memiliki delapan kelopak.

Pekak adalah buah, bukan bunga.
Bunga Lawang (Pekak) sebenarnya bukan bunga, ia adalah buah yang dihasilkan oleh sejenis pohon kecil. Tinggi pohonnya bisa mencapai 8 meter. Ia mempunyai bunga yang cantik berwarna kuning. Bunga lawang berkembang-biak melalui biji benih. Buahnya dipetik sebelum ranum dan dikeringkan dengan bantuan cahaya matahari.

Pekak memang kalah populer dibandingkan dengan bumbu lainnya pada kuliner Indonesia, seperti lada, pala, ketumbar dll. Lain halnya dengan kuliner di Asia, utamanya di China, Thailand, Vietnam, bumbu pekak banyak digunakan.

Manfaat pekak atau bunga lawang.
Pekak berfungsi untuk membuat aroma masakan menjadi segar dan wangi, seperti pada kecap, pekak adalah salah satu bumbu untuk membuat kecap memiliki aroma yang khas. Bunga pekak memiliki rasa seperti Adas manis. Bunga lawang (pekak) dijadikan rempah untuk menjadi penyedap rasa untuk makanan.

Masakan yang menggunakan bumbu pekak atau bunga lawang.
Bunga lawang juga banyak dipakai dalam masakan India yang kaya rempah misalnya untuk kari. Bangsa Thailand, Vietnam, dan Indonesia juga banyak memakai bunga lawang untuk penyedap masakan. Di Indonesia, bumbu ini digunakan di beberapa daerah yang memiliki ciri khas masakan berbumbu tajam. Misalnya saja gulai Aceh, Rendang  Padang, masakan Jawa, dan Bali. Masakan sup akan lebih sedap apabila ditambahkan bumbu ini.

Penggunaannya untuk masakan bisa pekak utuh atau yang sudah dihaluskan menjadi serbuk.

Manfaat lain
Selain menyedapkan masakan, bunga lawang juga memiliki khasiat kesehatan. Bumbu ini baik untuk mengatasi gangguan pencernaan dan memiliki fungsi diuretik atau melancarkan saluran kencing. Selain itu digunakan juga untuk pengobatan tradisional di Asia, contohnya untuk sakit sendi. Bunga lawang juga sering dimanfaatkan untuk minuman tradisional seperti jamu dan campuran minum teh. Salah satunya adalah minuman teh khas Thailand yang merupakan campuran teh hitam dan bubuk bunga lawang. Teh dari bunga lawang juga bisa dijadikan obat batuk. Minyaknya juga bisa mengurangi gejala mual-mual bagi ibu yang sedang mengandung. Kandungan asam shikimat (shikimic acid) dalam bunga lawang membuat rempah ini dimanfaatkan sebagai bahan utama pembuat obat antiflu burung, tamiflu. Hal ini menyebabkan stoknya sempat menghilang dari pasaran dan harganya melambung

9. Cengkeh

Nama Ilmiah: Eugenia carophyllata Myrtaceae. Bagian Digunakan: kuncup bunga, daun dan batang. Senyawa Aktif: Minyak esensial mengandung eugenol cengkeh, eugenol asetil, salisilat methyul, pinen, dan vanili.

Cengkeh berasal dari Filipina Selatan dan Kepulauan Molluca Indonesia. Diambil dari bunga kering dari pohon cengkeh, cengkeh dikenal sebagai obat herbal semua tujuan. Sementara terutama dikenal di Barat sebagai rempah-rempah, cengkeh telah digunakan di seluruh Asia Tenggara selama ribuan tahun untuk menyembuhkan berbagai penyakit, merupakan ramuan yang berharga untuk pengobatan yang luas darai berbagai penyakit.

Cengkeh telah digunakan untuk pengobatan herbal selama berabad-abad. Bahkan selama masa pemerintahan dinasti Han, sudah digunakan untuk mengatasi bau mulut dengan mengunyah cengkeh. Minyak cengkeh telah ditemukan sebagai antibakteri dan digunakan untuk mengobati TBC, kudis, malaria, dan kolera.

Cengkeh telah dikenal untuk meringankan masalah pencernaan seperti kolik, kembung, dan gas. Sifat-sifat antispasmodik yang sama yang membuatnya cocok untuk sistem pencernaan juga membantu dalam mengurangi batuk dan kram otot. Meskipun berasal dari Asia, pertumbuhan cengkeh telah berkembang ke Brazil, Hindia Barat, Tanzania, dan Madagaskar.

Kegunaan cengkeh sebagai Analgesik / Antiseptik / antispasmodic / Stimulan. Cengkeh adalah jenis tanaman herbal yang dapat digunakan sebagai antiseptik untuk virus, bantuan pencernaan, stimulan untuk otak dan tubuh, dan untuk merawat kondisi kulit.

Cengkeh untuk mengatasi gangguan pencernaan yaitu sebagai antispasmodic, berarti meringankan kram yang dapat terjadi pada jaringan otot lambung, sehingga dapat digunakan untuk mengobati kolik, gas, dan kembung.

Kegunaan cengkeh untuk kesehatan wanita yaitu dengan adanya sifat-sifat antispasmodic cengkeh juga dapat membantu dalam persiapan untuk melahirkan, membantu untuk membuat kontraksi lebih kuat dan bantuan tenaga untuk melahirkan.

Cengkeh dapat digunakan sebagai stimulant untuk meningkatkan memori otak. Sebagai antiseptic, cengkeh telah ditemukan dan dapat diberikan untuk membantu pengobatan malaria, TBC, dan kudis. Sebagai analgesik minyak dari tanaman cengkeh dapat digunakan untuk penyembuhan sakit gigi dan sering digunakan dalam obat kumur komersial. Digunakan juga untuk pengobatan kulit, yaitu pengobatan jerawat, radang dan kondisi kulit lainnya.

Pohon cengkeh merupakan pohon yang tumbuh tinggi hingga 50 kaki. Pohon cengkeh berbentuk piramida dan sangat aromatik. Dua kali setiap tahun kuncup bunga cengkeh dapat diambil kemudian dikeringkan. Kuncup bunga kering disebut cengkeh. Daun dan batang dapat digunakan, tetapi kuncup bunga mengandung minyak yang paling esensial.

Dosis Cengkeh untuk gangguan pencernaan, yaitu tambahkan 1 sendok teh cengkeh bubuk untuk 250 ml (1 cangkir) air mendidih. Minum 3 kali setiap hari. Untuk sakit gigi, gunakan 1-2 tetes minyak cengkeh menggunakan kapas (cotton buds), ditempelkan pada gigi yang sakit, walaupun pertama terasa nyeri, selanjutnya akan mengurangi rasa sakit gigi. Meskipun pertama mungkin mengalami nyeri, tetapi setelah itu akan mengurangi rasa sakit gigi, namun demikian cengkeh akan tidak akan menyembuhkan gigi berlubang, selanjutnya masih perlu perawatan gigi.

Penggunaan cengkeh untuk pengobatan herbal perlu berhati-hati, dosis yang digunakan tidak boleh berlebih, harus selalu digunakan di bawah pengawasan seorang profesional perawatan kesehatan, sebab bubuk cengkeh dapat menjadi racun bagi tubuh

10. Daun Bawang

Manfaat Daun Bawang – Ketika anda mendengar daun bawang pasti anda teringat dengan bawang yang identik dengan baunya yang menyengat. Daun bawang seringkali dimanfaatkan sebagai campuran berbagai masakan seperti martabak, sayur sup, dan berbagai masakan sedap lainnya. Namun selain sebagai bahan campuran makanan, daun bawang memiliki berbagai manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh kita. Biasanya daun bawang ini juga digunakan sebagai obat tradisional yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

Manfaat Daun Bawang

Ada banyak sekali manfaat daun bawang yang bisa kita dapatkan untuk kesehatan tubuh kita, berikut adalah beberapa diantaranya :
  1. Mampu meredakan penyakit perut kembung.
  2. Meredakan batuk.
  3. Menyembuhkan flu dan sesak nafas karena flu.
  4. Meredakan nyeri sendi.
  5. Sebagai obat herbal anti radang.
  6. Mampu menyembuhkan dari gigitan serangga.
Itulah beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsi daun bawang setiap hari yang bisa anda olah sebagai campuran masakan yang membuatnya lebih sedap dan bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Khasiat Daun Bawang

Sebenarnya masih banyak lagi manfaat daun bawang yang bisa kita dapatkan dari daun bawang. Itu karena daun bawang memiliki beberapa kandungan vitamin seperti vitamin A yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata, vitamin K, dan vitamin C. Selain itu daun bawang juga memiliki khasiat untuk menjaga daya tahan tubuh kita agar tetap sehat, memperlancar sirkulasi darah di dalam tubuh kita dan sebagian orang juga mempercayai bahwa daun bawang bisa membuat kita menjadi tetap awet muda. Untuk itu, daun bawang ini juga wajib dikonsumsi karena kaya akan manfaat dan vitamin yang sangat dibutuhkan untuk kesehatan tubuh kita

11. Jahe

Manfaat Jahe Bagi Kesehatan

Mencegah Perut Buncit
Dengan mengkonsumsi jahe sebelum makan mampu mencegah terjadinya perut buncit. Hal ini dikarenakan jahe sendiri mengandung metabolismedan memperlancar pencernaan. Dengan adanya peningkatan metabolisme tersebut, akan mempercepat pembakaran kalori dan meratakan perut buncit.

Membuat Tubuh Menjadi Perkasa
Kandungan senyawa yang terdapat pada jahe memiliki sifat inklamasi yang sangat efektif membangun otot. Berdasarkan penelitian, mengkonsumsi jahe secara teratur membantu mengurangi rasa sakit pada otot yang disebabkan kaena latihan fisik.

Sebagai Obat Jerawat
manfaat jahe

Salah satu penelitian yang dilakukan di Universitas Maryland Midical Center, untuk membantu mecegah timbulnya jerawat dianjurkan untuk mengkonsumsi jahe maksimal 4 gram per hari. Karena jika mangkonsumsi jahe pada dosis yang tinggi mampu menyebabkan efek samping seperti iritasi, mules, dan diare.

Menurunkan Berat Badan
Jahe berfungsi melebarkan pembuluh darah membakar kalori menjadi panas tubuh. Selain itu jahe hanya mengandung sedikit kalori sehingga tidak berkontribusi menaikkan berat badan anda. Seduhan wedang jahe sangat baik bagi kesehatan dan metabolisme tubuh.

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
Seperti yang telah di sebutkan di atas, jahe memiliki kemampuan melebarkan pembuluh darah dan merangsang pelepasan hormon adrenalin. Oleh karena itulah darah akan mengalir lebih cepat dan menurunkan tekanan darah tinggi anda.

Membersihkan Kotoran di Dalam Tubuh
Jika kita sering mengkonsumsi jahe dengan cara diseduh, biasanya kita akan berkeringat. Melalui keringat itulah dikeluarkan begagai kotoan jahat yang ada di dalam tubuh.

Mencegah Penggumpalan Darah
Di dalam jahe terkandung senyawa yang bernama gingerol. Gingerol ini merupakan salah satu senyawa yang mempu mencegah penggumpalan darah karena akan berubah menjadi antikoagulan

Menurunkan tekanan darah (hipertensi). Hal ini karena jahe merangsang pelepasan hormon adrenalin dan memperlebar pembuluh darah, akibatnya darah mengalir lebih cepat dan lancar dan memperingan kerja jantung memompa darah.

·    Membantu pencernaan, karena jahe mengandung enzim pencernaan yaitu protease dan lipase, yang masing-masing mencerna protein dan lemak.
·    Mencegah tersumbatnya pembuluh darah. Gingerol pada jahe bersifat antikoagulan, yaitu mencegah penggumpalan darah. Jadi mencegah tersumbatnya pembuluh darah, penyebab utama stroke, dan serangan jantung.
·    Mencegah mual, karena jahe mampu memblok serotonin, yaitu senyawa kimia yang dapat menyebabkan perut berkontraksi, sehingga timbul rasa mual. Termasuk mual akibat mabuk perjalanan.
·    Membuat lambung menjadi nyaman, meringankan kram perut dan membantu mengeluarkan angin.
·    Menetralkan radikal bebas. Jahe juga mengandung antioksidan yang membantu menetralkan efek merusak yang disebabkan oleh radikal bebas di dalam tubuh.
Jahe sebagai Obat Praktis
·    Pereda rasa sakit yang alami dan dapat meredakan nyeri rematik, sakit kepala, dan migren. Caranya, minum wedang jahe 3 kali sehari. Bisa juga minum wedang ronde, mengulum permen jahe, atau menambahkan jahe saat pada soto, semur, atau rendang.
·    Daun jahe juga berkhasiat, sebagai obat kompres pada sakit kepala dan dapat dipercikan ke wajah orang yang sedang menggigil. Caranya dengan ditumbuk dan diberi sedikit air dapat dipergunakan sebagai obat kompres pada sakit kepala dan dapat dipercikan ke wajah orang yang sedang menggigil.
·    Memperkuat pencernaan makanan dan mengusir gas di dalamnya, mengobati hati yang membengkak, batuk dan demam. Caranya dengan menumbuk rimpang lalu direbus dalam air mendidih selama lebih kurang ½ jam, kemudian diminum airnya.
·    Mengobati rematik. Siapkan 1 atau 2 rimpang jahe. Panaskan rimpang tersebut di atas api atau bara dan kemudian ditumbuk. Tempel tumbukan jahe pada bagian tubuh yang sakit rematik. Cara lain adalah dengam menumbuk bersama cengkeh, dan ditempelkan pada bagian tubuh yang rematik.
·    Mengobati luka karena lecet, ditikam benda tajam, terkena duri, jatuh, serta gigitan ular. Caranya rimpang jahe merah ditumbuk dan ditambahkan sedikit garam. Letakkan pada bagian tubuh yang terluka.
·    Mengobati gatal karena sengatan serangga. Caranya dengan menumbuk rimpang lalu digunakan sebagai obat gosok.
·    Mengobati luka bekas gigitan ular beracun. Caranya dengan menumbuk rimpang dan diberi sedikit garam, kemudian ditempelkan pada luka bekas gigitan ular beracun (hanya sebagai pertolongan pertama sebelum penderita dibawa ke dokter).
12. Jeruk Nipis
Manfaat Jeruk Nipis :
1. Ambeien
Sebanyak 10 gr akar pohon jeruk nipis dicuci bersih, lalu direbus dengan air 1 liter selama 1/2 jam, lalu saring. Diminum hangat-hangat 3 kali sehari.2. Amandel
Kulit 3 jeruk nipis dicuci, dipotong-potong, lalu direbus dengan 2 gelas air hingga airnya tersisa 3/4, saring. Air tersebut dipakai untuk berkumur-kumur. Lakukan 3-4 kali sehari.

3. Anyang-anyangan
Dua jeruk nipis dicuci, diperas lalu diberi gula batu secukupnya dan 1 gelas air panas. Aduk hangat-hangat, minum sekaligus sehari sekali.

4.  Batuk
Satu jeruk nipis dicuci, diperas, dicampur dengan 1 _ sendok makan madu dan sedikit garam, aduk hingga rata lalu disaring. Diminum 2-3 kali sehari. Atau perasan jeruk nipis ditambah sepotong gula batu lalu diaduk hingga rata, diminum 1 kali sehari sampai sembuh.

5. Batuk disertai Influenza
Potong sebuah jeruk nipis masak dan mengandung air yang cukup banyak, lalu peras. Seduh air perasannya dengan 60 cc air panas. Tambahkan 1/2 sendok teh air kapur sirih sambil diaduk rata. Minum ramuan ini 2 kali sehari 2 sendok makan.

6. Bau Badan
Cara 1:
Potong jeruk nipis yang cukup besar menjadi 2 bagian, olesi bagian irisan dengan kapur sirih tipis-tipis. Oleskan ke ketiak setelah mandi. Biarkan selama 5 menit lalu dibilas, lalukan tiap pagi dan sore.
Cara 2:
Beberapa helai (10) daun muda jeruk nipis ditumbuk sampai halus, dilumatkan, pulung kecil-kecil seperti pil, makan 3 kali sehari.

7. Batu Ginjal
Dua butir perasan jeruk nipis kampung diencerkan dengan 2 gelas air hangat, minum setelah makan malam. Lakukan tiap hari selama 10 hari.

8. Difteri
Dua jeruk nipis dicuci, diperas airnya. Seduh dengan 1 gelas air panas ditambah 1 sendok makan madu. Gunakan untuk berkumur selama dua menit saat masih hangat, lalu diminum. Lakukan 3 kali sehari.

9. Demam atau Flu
Cara 1:
Satu jeruk nipis dicuci lalu diperas, tambah dengan 3 siung bawang merah yang telah dilumatkan dan 1 sendok makan minyak kelapa. Oleskan pada kening penderita.
Cara 2:
Satu jeruk nipis dipanggang sebentar, dipotong, lalu diperas, tambahkan 1 sendok makan madu. Minum sekaligus.

10.  Haid Tidak Teratur
Tiga sendok makan air jeruk nipis ditambah 1 sendok makan madu dan 2 gelas air panas diaduk rata. Minum selagi hangat. Lakukan 3 kali sehari

11.  Sehabis Melahirkan
Satu sendok makan kapur sirih ditambah 2 sendok makan minyak kayu putih dan 2 butir perasan jeruk nipis kampung, diaduk sampai rata, balurkan pada perut. Lakukan selama 3 bulan tiap hari sehabis mandi, agar perut terhindar dari keriput, tetap halus dan kempis seperti sediakala.

12. Jerawat
Satu jeruk nipis diiris kemudian digosokkan pada kulit wajah.

13. Mencegah Rambut Rontok atau Berketombe
Dua jeruk nipis dipotong menjadi tiga bagian, oleskan pada kulit kepala sampai rata. Bungkus kepala dengan handuk semalaman, keramas keesokan harinya. Lakukan 3 kali seminggu.

14. Melebatkan Rambut
Satu butir kuning telur ayam kampung dikocok dengan perasan 3 butir jeruk nipis kampung sampai rata. Gosokkan pada kulit kepala, pijit-pijit sampai merata, biarkan selama 2 jam baru dibilas dengan sampo merang agar rambut menjadi mengkilap dan lebat. Sampo merang dibuat dari 1 ikat merang, dibakar sampai menjadi arang, bukan abu, rendam dalam air dan biarkan semalaman. Saring, dan sampo merang siap untuk keramas.

15. Menghentikan Kebiasaan Merokok
Iris 1 jeruk nipis, isap lalu minum air putih. Lakukan beberapa kali sehari.

16. Vertigo
Setengah genggam daun jeruk nipis dilumatkan. Tambahkan 1 sendok makan air jeruk nipis. Gosokkan ke tengkuk, pelipis, dan dahi. Lakukan 2 kali sehari.

17. Radang Tenggorokan
Potong 3 buah jeruk nipis masak, lalu peras. Seduh air perasannya dengan 1/2 cangkir air panas, tambahkan 1 sendok makan madu sambil diaduk rata. Selagi hangat, gunakan ramun ini untuk berkumur selama 2-3 menit. Lakukan 3 kali sehari.

18. Lendir di Tenggorokan
Potong 2 buah jeruk nipis, peras airnya, tampung di gelas. Tambahkan sedikit garam, lalu aduk sampai rata. Ramuan ini dapat diminum pada saat perut kosong.

19. Kurap atau Panu
Cuci 1 genggam akar landep (Barleria prionitis L.) sampai bersih, lalu tumbuk halus. Tambahkan air perasan 1 buah jeruk nipis sambil diaduk rata. Balurkan pada bagian kulit yang terkena kurap atau panu, lalu balut dengan kain perban. Ganti balutan 2 kali sehari sampai sembuh.

20. Demam/Panas Saat Malaria
Sediakan 3 lembar daun jeruk nipis dan daun kendal (Cordia obliqua Willd.) (Blumea balsamifera L.) , dan 5 lembar daun prasman (Eupatorium triplinerve Vahl.). Rebus bahan-bahan tersebut dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring. Air saringan tersebut dibagi dua, diminum pagi dan sore.21. Terkilir
Tiga Buah jeruk nipis masak dan banyak airnya dibelah menjadi dua. Masukkan ke dalam poci lalu diseduh dengan 1/2 cangkir air panas, kemudian ditutup. Setelah dingin diambil jeruknya kemudian diperas dan disaring. Tambahkan 2 sendok makan minyak kayu putih dan 2 sendok makan minyak gandapura. Ramuan ini dipakai untuk mengurut bagian yang cedera. Setelah itu minum 3/4 gelas air kelapa hijau muda. Lakukan 3 kali sehari.

22. Pegal Linu
Cuci daun jeruk nipis, daun ketepeng cina, dan daun sambiloto (masing-masing 1/3 genggam), 10 lembar daun sirih, 2 jari akar pepaya, 2 jari akar kepayang, 3 jari akar kelor, dan 10 buah cabai rawit, lalu tumbuk sampai halus. Rendam ramuan tersebut dalam 1 liter alkohol selama 7 hari. Air perasannya dapat digunakan untuk menggosok dan mengurut bagian tubuh yang sakit.

23. Sakit Gigi
Campurkan air jeruk nipis, gilingan akar kecubung hitam dan gilingan legetan warak masing-masing 1 sendok makan. Tambahkan 3/4 cangkir air garam ke dalamnya, lalu aduk sampai rata. Selanjutnya peras ramuan tersebut dan saring. Gunakan air saringannya untuk berkumur selama beberapa menit, lalu buang. Lakukan 4-6 kali sehari.

24. Melangsingkan Badan
Tambahkan air perasan satu buah jeruk nipis ke dalam cangkir air teh hijau. Minum ramuan ini setiap pagi dan sore hari. Lakukan setiap hari.

25. Menambah Stamina
Campurkan sebutir kuning telur ayam kampung, air perasan 1 buah jeruk nipis dan sedikit irisan gula merah. Aduk sampai rata, lalu minum. Lakukan sekali dalam seminggu.

26.  Tekanan Darah Tinggi
Sediakan 20 kuntum bunga dan 30 lembar daun jeruk nipis. Cuci sampai bersih, lalu tambahkan air perasan 2 buah jeruk nipis. Rebus bahan-bahan tersebut dalam 3 gelas air bersih sampai tersisa 2 1/4 gelas. Setelah dingin, saring. Air saringannya diminum 3 kali sehari 3/4 gelas. Minum ramuan ini ditambah sedikit madu. Lakukan setiap hari

13. Jeruk Purut
Bungannya berbentuk bintang, berwarna putih kemerah-merahan atau putih kekuning-kuningan. bentuk buahnya bulat telur, kulitnya hijau berkerut, berbenjol-benjol, rasanya asam agak pahit.
Jeruk purut sering digunakan dalam masakan, pembuatan kue atau dibuat manisan. Jeruk purut dapat diperbanyak dengan cangkok dan biji.Sifat dan KhasiatDaun jeruk purut berkhasiat stimulandan penyegar. Kulit buah berkhasiat stimulan, berbau khas aromatik, rasanya agak asin, kelat dan lama kelamaanagak pahit.
kandungan KimiaDaun mengandung tanin 1,8%, steroid triterpenoid dan minyak asiri 1-1,5% v/b

Kulit buah mengandung saponin, tanin 1%, steroid triterpenoid dan minyak asiri yang mengandung sitrat 2-2,5% v/b.

Bagian yang digunakan
Bagian yang digunakan adalah buah dan daun.

Indikasi
Buah jeruk purut digunakan untyuk mengatasi:
-Influenza
-Badan terasa lelah
-Rambut kepala yang bau (mewangikan kulit) dan
-Kulit bersisik dan mengalupas

Daun jeruk purut digunakan untuk mengatasi:
-Badan letih dan lemah sehabis sakit berat

Cara Pemakaian
Untuk obat yang diminum, sediakan 1-2 buah air jeruk purut yang telah masak, lalu minum.
Untuk pemakaian luar, belah jeruk purut menjadi 2-4 bagain, lalu gosokkan ke kulityang bersisik atau air perasan buahnya digunakan untuk membasahi rambut setelah keramas.

Contoh pemakaian

Influenza
Potong sebuah jeruk purut masak dan banyak airnya, lalu peras. Seduh air perasannya dengan 60cc air panas. Minum sekaligus selagi hangat.

Kulit bersisik dan mengelupas
Belah jeruk purut tua menjadi 2 bagian. Gosokkan pada kulit yang bersisik, kering dan mudah mengelupas di kulit kepala atau bagian lain dari tubuh. Lakukan satu kali sehari, malam sebelum tidur.

Mewangikan rambut kepala
Cuci 1 buah jeruk purut masak sampai bersih, lalu parut. Tambahkan 1 sendok makan air bersih, lalu remas dan saring. Gunakan air saringannya untuk menggosok rambutsetelah keramas.

Badan lelah setelah bekerja atau letih sehabis sakit berat
Sediakan 2 genggam daun jeruk purut segar. Rebus dalam 3 liter air sampai mendidih (selama 10 menit). Tuangkan ramuan tersebut ke dalam 1 ember air hangat dan gunakan untuk mandi.

14. Jintan Hitam
Manfaat Jintan Hitam :

1. Sumber gizi

Habbatussauda mengandung betakaroten (pro-vitamin A), kalsium, zat besi, sodium dan potassium. Meskipun dibutuhkan dalam jumlah yang sedikit oleh tubuh, unsur-unsur tersebut berfungsi sebagai kofaktor untuk fungsi bermacam enzim. Jintan hitam juga memiliki delapan dari sembilan asam amino esensial. Asam amino esensial tidak dapat disintesis di dalam tubuh kita sehingga perlu diambil dari luar.

Untuk suplemen gizi, Anda bisa mengonsumsi setengah sendok teh minyak atau ekstrak habbatussauda tiga kali sehari.

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Jintan hitam dapat meningkatkan kekebalan tubuh, terutama pada pasien yang mengalami gangguan sistem kekebalan tubuh. Menurut penelitian, mengonsumsi kapsul habbatussauda 1 gram, dua kali sehari selama empat pekan dapat meningkatkan rasio antara T-cell positif dan negatif hingga 72%. Peningkatan kekebalan tubuh ini berperan penting dalam penyembuhan pilek, influenza, AIDS, dan penyakit lainnya yang berhubungan dengan sistem kekebalan tubuh.

3. Obat asma dan alergi

Histamin adalah zat yang dilepaskan oleh sistem imun tubuh sebagai reaksi alergi. Crystalline nigellone pada jintan hitam memiliki protein kinase C, zat yang dikenal menghambat pelepasan histamin. Pemberian jintan hitam dapat mengurangi reaksi alergi pada sebagian besar penderita asma bronkhitis dan penyakit alergi lainnya dengan tanpa efek samping.

Untuk pengobatan asma dan alergi, ambillah secangkir air hangat, satu sendok madu dan setengah sendok teh minyak atau ekstrak habbatussauda. Campurkan dan minum di pagi hari sebelum sarapan dan setelah makan malam. Selama pengobatan, hindari makanan dingin dan pemicu alergi.

4. Obat kanker

Asam lemak pada jintan hitam dapat menghambat perkembangan kanker. Jintan hitam menstimulasi produktivitas sumsum tulang dan imunitas sel serta produksi interferon, melindungi sel-sel normal melawan virus perusak sel dan melawan sel-sel tumor tanpa merusak sel-sel yang sehat.

Untuk pengobatan kanker, campurkan satu gelas jus anggur dan setengah sendok teh minyak habbatussauda. Minum tiga kali sehari. Pengobatan mungkin berlangsung selama empat puluh hari. Selain itu, Anda juga dapat menggosokkan minyak habbatussauda pada bagian yang terkena kanker selama dua minggu.

5. Obat gangguan pencernaan

Jintan hitam efektif melawan bakteri, termasuk bakteri yang dikenal sangat kuat daya tahannya terhadap obat-obatan, seperti bakteri kolera, E. coli, dan Shigella spp. Oleh karena itu, jintan hitam dapat dipakai untuk mengobati gangguan sistem pencernaan yang disebabkan oleh infeksi bakteri dan sebab lain yang non-spesifik dengan gejala seperti perut mulas, dispepsia, diare dan muntah-muntah.

Untuk mengobati gangguan pencernaan, ambillah setengah sendok teh minyak atau ekstrak habbatussauda yang dicampur dengan secangkir susu. Minum campuran tersebut dua kali sehari. Alternatif lain, Anda juga dapat mencampur satu sendok bubuk jahe dan setengah sendok teh minyak atau ekstrak habbatussauda.

6. Obat peradangan

Thymoquinine pada habbatussauda adalah obat antiradang yang efektif. Anda dapat menggunakan minyak habbatussauda sebagai obat oles pada jerawat yang meradang. Untuk mencegah jerawat dan menghaluskan kulit, ambil satu sendok minyak zaitun dan campur dengan setengah sendok teh minyak habbatusaudda. Gosokkan pada wajah dan basuhlah wajah dengan air sabun setelah satu jam kemudian.

Untuk pengobatan peradangan di pergelangan kaki dan persendian lainnya, ambil satu sendok cuka, dua sendok madu dan setengah sendok teh minyak habbatussaudda. Gunakan ramuan ini dua kali sehari untuk memijat bagian yang meradang.

7. Meningkatkan jumlah ASI

Habbatussauda dapat meningkatkan jumlah susu pada ibu menyusui berkat kombinasi unsur lipid dan struktur hormon yang terdapat di dalamnya. Selain itu, jintan hitam juga mengandung arginine yang penting bagi pertumbuhan balita.

Untuk meningkatkan produksi ASI, ibu menyusui dapat mengambil setengah sendok teh minyak atau ekstrak habbatussauda, tiga kali sehari. Lebih baik lagi bila dicampur dengan madu satu sendok setiap kalinya.

15. Jintan Putih

Pemanfaatan :
1. Sakit Jantung
Bahan: 1 sendok the biji jintan putih, 1 siung bawang merah, 7
pasang biji kemukus, 6 lembar daun sirih;
Cara membuat: semua bahan tersebut ditumbuk bersama sampai
halus, kemudia ditambah 4 sendok makan air masak dan diperas
serta disaring.
Cara menggunakan: diminum pagi dan sore secara teratur.

2. Haid tidak lancar
Bahan:1 sendok the biji jintan putih, 2 biji cengkeh kering, ½ potong
biji pala, 1 rimpang kunyit, 1 buah kapulaga, 1 potong gula aren, 1
sendok makan gula pasir, 2 lembar daun srigading.
Cara membuat: semua bahan tersebut direbus dengan 2 ½ gelas air
sampai mendidih, kemudian di saring.
Cara Menggunakan:diminum lima hari sebelum tanggal haid.

3. Jamu Putri
Bahan: 1 sendok the biji jintan putih, 1 rimpang kunyit, 1 genggam
bunga delima.
Cara membuat: semua bahan tersebut ditumbuk sampai halus
kemudian disedu dengan 1 gelas air dan disaring.
Cara menggunakan:diminum biasa

4. Sulit Tidur
Bahan: 1 sendok the biji jintan putih, 3 potong kangkung sayur, 2
lembar daun pegagan ¼ sendok makan ketumbar.
Cara membuat: Semua bahan tersebut direbus bersama dengan 2
gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas, kemudian disaring.
Cara menggunakan: diminum menjelang tidur.

Komposisi :
Biji Jintan putih mengandung unsur minyak menguap (terbang) sebanyak kurang dari 8%. Minyak menguap tersebut diperoleh dari biji jintan putih dengan cara disuling

16. Kapulaga

Khasiat Kapulaga

Biji, yang diambil dari tumbuhan sebelum buah masak benar, dapat dimanfaatkan sebagai obat. Dalam dunia obat-obatan biji yang telah dikeringkan dinamakan semen cardamomi. Selain bijinya, yang digunakan untuk obat adalah bagian akar, buah, dan batangnya. Kapulaga mengandung minyak atsiri, sineol, terpineol, borneol, protein, gula, lemak, silikat, betakamfer, sebinena, mirkena, mirtenal, karvona, terpinil asetat, dan kersik. Dari kandungan tersebut kapulaga memiliki khasiat sebagai obat batuk. Kapulaga juga memiliki khasiat untuk mencegah keropos tulang.

Kegunaan :

Batuk pada anak-anak:

15 butir buah kapulaga, 2 cabai jawa, 10 iris lempuyang, 5 cm kayu manis dicuci. Dua bawang merah dikupas, dicuci, diparut. Diseduh dengan 0,5 l air. Tutup tempatnya. Diminum setiap 2 jam sampai sembuh.

Batuk:

Biji kapulaga dicuci, dikunyak-kunyah. Cairannya ditelan.

Perut kembung:

5 biji kapulaga dicuci, 5 iris jahe dicuci sebelum diiris. Rebus dengan segelas air sampai airnya tinggal setengah. Setelah dingin diminum 1x sehari.

Mual:

5 biji kapulaga, sepotong kencur 3 cm, cuci, lumatkan. Seduh dengan segelas air. Sesudah dingin disaring. Airnya diminum.

Radang tenggorok:

10 buah kapulaga, sepotong kunyit 5 cm dicuci, dimemarkan, diseduh dengan segelas air. Setelah dingin disaring. Airnya separuh diminum pagi, separuh lagi malam. Diulangi selama beberapa hari.

Bau mulut:

8 buah kapulaga, 1 cangkir daun pegagan dicuci lalu diseduh dengan 1/2 gelas air. Tutupi. Setelah dingin, disaring dan diminum pagi-pagi pada saat perut masih kosong.

Perut mulas karena kedinginan:

4 buah kapulaga dicuci, direbus dengan segelas air sampai airnya tinggal setengah. Saring, minum hangat-hangat.

Beberapa pabrik bumbu juga mengekstrakkan minyak asiri dari biji kapulaga menjadi oil of cardamom yang kemudian dikemas dalam botol. Dalam bentuk minyak ini pula, kapulaga dipakai untuk menyedapkan soft drink dan es krim Amerika di pabriknya.

beberapa penyakit ringan juga bisa disembuhkan dengan kapulaga, dan berikut ini adalah bagian tumbuhan yang bisa dimanfaatkan sekaligus cara pembuatannya:

  • 1. Kejang perut, rematik:  semua bagian tumbuhan ini termasuk akarnya direbus selama lebih kurang lebih seperempat jam dengan disaring, airnya diminum.
  • 2. Demam: batang direbus selama lebih kurang seperempat jam kemudian disaring. airnya diminum.
  • 3. Batuk: buah dikunyah.
  • 4. Mencegah mual : buah direbus dan dimakan.
  • 5. Bau badan : rimpang direbus secukupnya dan diminum airnya.
  • 6. Radang amandel, gangguan haid, kejang perut, obat kumur, influenza, radang lambung, sesak napas, badan lemah : buah direbus, makan dan masih banyak yang lainnya.

17. Kecombrang

Kecombrang biasanya dijadikan sebagi bumbu penyedap di beberapa jenis masakan Nusantara. Kuntum bunga ini sering dijadikan lalapan atau direbus dan dijadikan lalapan oleh masyarakat Jawa Barat. Di daerah Pekalongan, kecombrang yang sudah diiris halus dijadikan campuran pembuatan megana, alias urap dengan bahan dasar nangka  muda.

Fungsi kecombrang atau kincung (sebutan orang Sumatera Utara) untuk menghilangkan aroma amis ikan pada masakan. Kecombrang yang masih serumpun dengan jahe ini, memiliki rasa yang sedikit pedas mirip dengan jahe. Tak heran jika kecombrang cocok disantap ketika udara dingin untuk menghindari masuk angin.

Selain itu kecombrang enak dibuat sambal, campuran pecel, campuran gulai khas Sumatera dan juga untuk pelengkap pepes ikan. Aroma wangi mirip lemon, jahe atau serai dan sedikit rasa asamnya ternyata bisa memberi rasa hangat di badan dan mencegah masuk angin. Selain lezat, berkhasiat juga untuk tubuh. Kecombrang banyak dijual di pasar tradisional dengan harag Rp. 1.000,00-Rp. 2.000,00 per buah

18. Kemiri

Manfaat dan Kegunaan Kemiri

Tumbuhan kemiri memiliki banyak khasiat diantaranya untuk:

  • Menyuburkan, menghitamkan rambut, menjadikan rambut hitam berkilau
  • Mengobati buang air besar yang berdarah
  • Mengobati gatal akibat digigit serangga
  • Bahan bakar kendaraan bermotor
  • Mengatasi sariawan (sakit gigi)
  • Menghitamkan alis mata
  • Bahan campuran lilin
  • Bahan campuran cat
  • Mengobati diare
  • Dll.

19. Kencur

Berikut ini beberapa ramuan kencur
yang dapat digunakan untuk mengobati beberapa penyakit.

1. Batuk

- Ambil 2 rimpang kencur, cuci, parut, dan campur dengan 1 cangkir air hangat. Saring campuran tersebut, ambil airnya, dan tambahkan sedikit garam, lalu minum
- Ambil 1 rimpang kencur, kupas bersih, dan kunyah. Hisap airnya dan buang ampasnya. Lakukan rutin setiap hari.

2. Masuk Angin

Ambil 1 rimpang kencur, cuci bersih lalu kunyah bersama garam secukupnya. Sesudah halus, telan kencur tersebut dan lanjutkan dengan minum air hangat. Lakukan 2 kali sehari, setiap pagi dan sore.

3. Mulas

Siapkan 1 rimpang kencur lalu cuci dan parut. Tambahkan 2 sdm air masak dan sedikit garam. Saring airnya dan minum. Lakukan 2-3 kali sehari.

4. Lelah

Sediakan 1 rimpang kencur, 2 sdm beras yang telah disangrai, dan 1 biji cabai merah. Semua bahan direbus bersama dengan 2 gelas air. Biarkan mendidih hingga tinggal 1 gelas. Saring airnya dan minum. Ulangi setiap hari sampai rasa lelahnya hilang.

5. Keseleo

Campurkan 1 rimpang kencur dan 1 genggam beras yang sudah direndam air. Haluskan kedua bahan tersebut dan beri air secukupnya sampai seperti krim. Oleskan ramuan ini pada bagian yang keseleo.

6. Diare

Sediakan 2 rimpang kencur dan 2 biji bawang merah, lalu tumbuk hingga halus. Bungkuslah hasil tumbukan dengan daun pisang, selanjutnya bakar beberapa saat. Selanjutnya balurkan ramuan ini ke bagian perut

20. Ketumbar

Wanita haid

Jika Anda para wanita sering mengalami nyeri pada perut ketika haid, ketumbar bisa menjadi salah satu solusi untuk mengurangi rasa sakit Anda. Sebanyak enam gram biji ketumbar bisa Anda rebus bersama 500 ml air dengan menambahkan sedikit gula. Setelah itu minum air tersebut selagi hangat.

Obat encok

Ketumbar juga bisa digunakan sebagai obat encok. Caranya adalah dengan merebus biji ketumbar yang sudah dihaluskan dengan air kemudian diminum ketika ramuan tersebut masih hangat.

Anti diabetes

Beberapa orang menyebut ketumbar sebagai tanaman ‘anti diabetes’. Hal ini disebabkan karena ketumbar mampu menurunkan kadar gula yang ada dalam darah. Selain itu ketumbar membantu menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh.

Obat jerawat

Bagi Anda yang mengalami masalah wajah yang penuh dengan jerawat dan komedo, atasi dengan si kecil yang satu ini. Haluskan biji ketumbar dan kunyit kemudian oleskan pada wajah yang berjerawat

21. Kayu Manis

Manfaatnya :

  1. Kayu manis digunakan sebagai obat rumah untuk menyembuhkan pilek, mual dan diare. Jenis kayu manis lainnya juga diyakini dapat meningkatkan energi.
  2. Kayu manis terbukti dapat menurunkan atau mengontrol kadar gula pada penderita diabetes. Sebuah studi dari US Agricultural Research Service telah menunjukkan bahwa sedikit 1 gram (1 sendok teh) bubuk kayu manis per hari dapat menurunkan 20% gula darah.
  3. Tidak hanya gula darah saja, Kayu manis dapat menurunkan kolesterol jahat dan trigliserida atau asam lemak di dalam darah.
  4. Kayu manis memiliki memiliki sifat anti jamur dan anti bakteri dan digunakan secara luas untuk mengobati penyakit akibat jamur candida albicans dan bakteri helicobacter pylori.
  5. Komponen cinnaldehyde pada kayu manis memiliki efek pengencer darah yang membantu mencegah terjadinya pengumpalan darah. Dengan kata lain kayu manis dapat mencegah penyumbatan darah, sehingga meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi risiko stroke.
  6. Minyak kayu manis digunakan sebagai minyak esensial aromaterapi. Minyak kayu manis memiliki efek yang menenangkan dan aromanya membuat tenang dan rileks.
  7. Kayu manis memiliki sifat anti inflamasi. Hal ini digunakan untuk menyembuhkan peradangan jaringan internal karena konsumsi makanan yang digoreng atau diproses.
  8. Kayu manis juga kaya akan zat besi, kalsium mangan, dan serat. Kombinasi tersebut membantu mengurangi dan menghilangkan empedu, dan kemudian mencegah kerusakan pada sel-sel usus besar atau timbulnya kanker usus besar. Hal ini juga membantu meringankan sindrom iritasi usus besar.
  9. Kayu manis juga mengurangi laju pengosongan lambung, sehingga mengurangi kenaikan kadar gula darah setelah makan yang berarti Anda tidak akan merasa cepat lapar.
  10. Aroma kayu manis akan meningkatkan fungsi otak Anda, meningkatkan daya ingat dan kinerja otak untuk tugas-tugas tertentu.
  11. Bubuk kayu manis dapat juga digunakan sebagai alternatif untuk pengawet makanan, hal ini disebabkan karena sifat antimikrobanya yang kuat.
  12. Kayu manis juga telah digunakan secara tradisional untuk pengobatan sakit gigi karena kerusakan gigi dan bau mulut.

22. Kunir

http://rendyyonanda.files.wordpress.com/2013/01/kunir.jpg?w=289&h=242

Manfaat Kunyit atau Kunir Untuk Kesehatan :

  • Kunyit bermanfaat sebagai antioksidan dan mencegahan peradangan
  • Kunyit bermanfaat untuk mencegah tumor dan mencegah penyebaran tumor secara signifikan
  • Kunyit bermanfaat untuk mengobati gangguan pencernakan seperti diare, maagh akut, sembelit, dll.
  • Kunyit bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan luka pada kulit seperti sayatan, atau luka bakar.
  • Kunyit bermanfaat untuk pengobatan gatal-gatal pada tubuh.

Manfaat Kunyit atau Kunir dalam Kecantikan :

  • Kunyit ini sangat bermanfaat untuk mengobati keputihan membandel.
  • Kunyit dimanfaatkan untuk pereda rasa nyeri pada waktu datang bulan
  • Kunyit juga berguna untuk menghaluskan kulit, kalau yang satu ini sudah resep lulur turun menurun di Istana Raja di Jawa

23. Lada

Pencegah kanker payudara
Senyawa kimia yang disebut piperin dalam biji merica dapat membantu mencegah perkembangan tumor dan kanker pada payudara, menurut penelitian University of Michigan, Amerika Serikat.
Sifat penangkal kankernya lebih tinggi jika dikombinasikan dengan kunyit. Jadi, sering-seringlah menggunakan dua bumbu tersebut pada masakan.
Scrub kulit
Merica juga bisa dimanfaatkan sebagai scrub untuk memperhalus kulit. “Rasa hangatnya bisa merangsang sirkulasi darah sehingga memberikan lebih banyak oksigen dan nutrisi pada permukaan kulit. Teksturnya yang agak kasar juga bisa mengangkat sel-sel kulit mati,” kata Wendy Allred, dari Bliss Spa.
Untuk membuatnya, campur setengah gelas gula, dua sendok makan minyak zaitun, dan sedikit merica. Aduk rata. Basahi wajah, kemudian bersihkan kulit dengan campuran tersebut sambil berikan pijatan perlahan. Lalu, bilas dengan air dingin.
Pereda flu
Merica adalah dekongestan alami. Senyawa kimia alami didalamnya dapat mengiritasi selaput lendir, dan membuatnya memproduksi lebih banyak lendir untuk membantu membersihkan area hidung.
Neil Schachter, MD, seorang profesor di Mount Sinai School of Medicine di New York dan penulis buku ‘The Good Doctor’s Guide’ mengatakan, menambahkan lebih banyak lada pada semangkuk sup ayam, Anda bisa bernafas lebih lega saat flu.
24. Lengkuas
Manfaat Lengkuas – Lengkuas merupakan salah satu tanaman yang biasa digunakan sebagai bahan bumbu masakan sehari – hari. Alponna Galanga atau yang biasa disebut lengkuas ini bentuknya hampir sama dengan kunyit ataupun jahe dan untuk membedakannya adalah dengan mencium baunya. Lengkuas ini masih tergolong jenis umbi – umbian yang biasa kita jumpai di daerah dataran tinggi dan dataran rendah. Namun lengkuas ini bukan hanya dimanfaatkan sebagai bumbu dapur ataupun sebagai penyedap sebuah masakan, melainkan lengkuas memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh kita.

Manfaat Lengkuas Untuk Kesehatan

Ada banyak sekali manfaat lengkuas yang bisa kita dapatkan, dan berikut adalah beberapa diantaranya :
  1. Sebagai bahan pengobatan arthritis dan rheumatoid arthritis.
  2. Meneymbuhkan bisul dan meredakan sakit perut.
  3. Kaya akan antioksidan yang baik untuk daya tahan tubuh.
  4. Memperlancar aliran darah.
  5. Meredakan diare.
  6. Menyembuhkan rematik.
  7. Menyembuhkan sakit limpa.
  8. Dapat menambah nafsu makan kita.
Itulah beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsi lengkuas. Ternyata banyak juga manfaat yang bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsi lengkuas. Lengkuas bisa dikonsumsi secara langsung maupun dicampur sebagai bahan penyedap masakan.

Khasiat Lengkuas

Banyak juga manfaat lengkuas yang bisa kita dapatkan seperti yang sudah disebutkan di atas. Untuk itu mengkonsumsi lengkuas ini juga disarankan jika anda memiliki masalah kesehatan seperti yang disebutkan di atas. Konsumsi bisa mengunyahnya secara langsung, seperti jika anda mabuk saat berasa di kapal, anda bisa mengunyah lengkuas ini untuk menghilangkan rasa mual. Selain itu, bisa juga di konsumsi dalam bentuk jus ataupun dicampurkan ke dalamn sebuah masakan kita sehari – hari

25. Daun Salam
30. Lempuyang
Departemen Kesehatan RI, membukukan banyak catatan tentang kegunaan lempuyang. Berikut ini beberapa di antaranya:

  • Kaki bengkak sehabis melahirkan
    Rimpang lempuyang dan cabe jawa dicuci bersih. Lumatkan, beri air, lalu peras dengan kain. Minum airnya.
  • Ambeien
    Lempuyang 3/4 jari dicuci bersih, lalu diparut. Tambahkan 2 sendok makan air matang, sedikit garam, lalu peras. Minum 2 kali sehari masing-masing 1 sendok makan.
  • Kolik karena kedinginan
    Satu rimpang lempuyang dicuci bersih, lalu dibakar. Tambahkan 1/2 jari kunyit, 3 rimpang temu kunci, sepotong kayu ules, 5 biji adas, 11 butir ketumbar, 11 butir merica bolong, 20 helai daun poko segar. Rebus dengan 2 gelas air sampai airnya tinggal setengah, saring. Minum 2 kali sehari, sesudah makan siang dan malam, masing-masing 1/2 gelas.
  • Menambah nafsu makan
    Tiga jari lempuyang dicuci bersih. Parut, lalu tambahkan 3 sendok teh air. Minum air parutan 3 kali sehari masing-masing 1 sendok teh sebelum makan.
  • Anemia
    A). Tiga jari lempuyang dicuci bersih, tetapi jangan dikupas. Parut, beri gula aren, rebus dengan 3 gelas air sampai airnya tinggal segelas. Dinginkan, minum sekaligus, ulangi beberapa kali. B). Dua jari lempuyang dicuci, memarkan, rebus dengan 2 gelas air sampai airnya tinggal setengah. Minum 2 kali sehari masing-masing 1/2 gelas.
  • Gatal-gatal
    Seibu jari lempuyang dicuci bersih, lalu parut. Beri 1/2 gelas air, peras, biarkan mengendap. Ambil cairannya untuk diminum sekali sehari sampai sembuh.
  • Cacingan
    Lumatkan 2 jari rimpang lempuyang yang sudah dicuci dan 3 bawang merah kupas. Tambahkan 1/2 gelas air, peras. Minum 2 kali sehari masing-masing 2 sendok makan

One thought on “Rempah-Rempah dan fungsi manfaatnya bagi kesehatan

  1. So it is identical to marketing your own website and if you have to market,
    then why build e – Bay’s brand name, when you could build your own. There is the additional benefit of everyone being able to come together and perform this self-treatment while relaxing around a good bottle of wine. The customer is always more important, and you want them to come back to you again.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s