Pengertian CMOS

CMOS adalah complementary metal oxide semiconductor (CMOS) adalah jenis teknologi sirkuit terpadu. Istilah ini sering digunakan untuk merujuk pada sebuah chip bertenaga baterai yang ditemukan di banyak komputer pribadi yang menyimpan beberapa informasi dasar, termasuk tanggal dan waktu dan pengaturan sistem konfigurasi, yang dibutuhkan oleh sistem input/output dasar (BIOS) untuk memulai komputer.
 
Selanjutnya buat CMOS sendiri buat saya sendiri sangat asing di telinga dan maklum saya masih tahap belajar dalam bisang komputer seperti postingan saya sebelumnya tentang menjadi teknisi komputer yang terampil bahwa menjadi seorang yang ahli dalam bidang komputer adalah mengetahui semua komponen -komponen dalam komputer dan merujuk ke pengertian ini dan saya bertanya kepada temen saya kebanyakanya mereka meremehkan tentang pengertian CMOS dan apa fungsinya
Apa Itu CMOS dan Apa Fungsinya? Dalam komputer, CMOS mengontrol berbagai fungsi, termasuk Power On Self Test . Ketika power supply komputer disulut, CMOS menjalankan serangkaian pemeriksaan untuk memastikan sistem berfungsi dengan baik. Salah satu pemeriksaan adalah termasuk menghitung random access memory (RAM). Ini biasanya memperlambat boot, sehingga beberapa orang menonaktifkan fitur ini dalam pengaturan CMOS, memilih untuk boot cepat. Jika menginstal RAM baru lebih baik untuk mengaktifkan fitur sampai RAM telah diperiksa. setiap orang pasti mengginginkan menjadi orang yang ahli dalam komputer dan dan mungkin sobat sebelum melakukan tindakan terhadap komputer sobat harus pertimbangkan sebelum merancang sebuah komputer

Setelah POST selesai, CMOS berjalan melalui pengaturan lainnya. Hard disk dan format yang terdeteksi, bersama dengan Redundant Array of Independent Disk konfigurasi (RAID), preferensi boot, kehadiran peripheral, dan tweak overclocking. Banyak pengaturan dapat secara manual diubah dalam layar konfigurasi CMOS untuk meningkatkan kinerja, namun perubahan harus dilakukan oleh pengguna yang berpengalaman. Mengubah pengaturan yang tidak tepat dapat membuat sistem tidak stabil, crash, atau bahkan mencegah komputer melakukan booting.

Layar konfigurasi CMOS diakses selama tahap POST dari boot up, dengan menekan beberapa tombol sebelum sistem operasi menginisialisasi. Biasanya tombol ini adalah tombol Del tapi mungkin lain pada computer lain. Sebuah baris teks akan menunjukkan kunci yang akan membawa pengguna ke dalam CMOS atau layar BIOS setup. Perubahan tidak dapat dilakukan dari dalam sistem operasi seperti Microsoft Windows ®, tetapi harus dilakukan dalam sesi DOS.

Ada juga pilihan untuk melindungi pengaturan CMOS dengan meminta password untuk mengubah pengaturan. Perubahan disimpan saat keluar dengan menekan tombol F10, maka reboot komputer untuk menggunakan pengaturan baru. Manual motherboard akan memberikan daftar seluruh opsi-opsi CMOS tersedia. Ini akan bervariasi sesuai dengan motherboard desain dan produsen BIOS.

 

Sekian share dari saya tentang apa itu cmos, semoga bermanfaat buat sobat

Rendy Yonanda Danusa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s