Tutorial Recording dengan laptop atau komputer

Membuat Studio Rekaman bukan perkara yang mudah, belum lagi biaya yang harus kita keluarkan juga tidak sedikit. Apalagi bila kita menginginkan studio rekaman yang komplit dan berkualitas internasional…., berapa milyard modal yang harus kita siapkan.

Tapi untunglah, kemajuan teknologi komputer semakin memudahkan kita dalam melakukan banyak hal, termasuk di bidang musik. Dengan modal sebuah komputer dan software Adobe Audition, kita bisa menyulap kamar tidur kita menjadi sebuah studio rekaman berkelas yang tidak kalah canggih dengan studio yang dimiliki perusahaan rekaman ternama.

Buku ini membahas bagaimana membuat karya musik dengan menggunakan Adobe Audition 3.0., namun demikian saya kira masih relevan jika digunakan sebagai panduan untuk bekerja pada Adobe Audition versi terbaru.

Ok.. anda siap untuk menjadi musisi? Anda juga siap membangun sebuah Studio Rekaman Profesional…., baca ringkasan saya sampai selesai.

1. Piranti Yang Dibutuhkan. 

  • Komputer

Semakin tinggi spesifikasi komputer anda semakin baik, tetapi jika anggaran terbatas, anda bisa menggunakan komputer yang setidaknya berprosesor 1,5 GHz dan RAM minimal 512 MB.

  • Software Adobe Audition

Versi terbaru adalah Adobe Audition CS 5.5, namun dalam bahasan kali ini kita masih menggunakan Adobe Audition 3.0. Anda bisa mendapatkan software ini dengan cara membelinya di http://www.adobe.com, atau download saja jika anda mau mencoba versi trialnya.

  • Gitar

Kita bisa menggunakan gitar akustik maupun gitar elektrik. Kalau kita menggunakan gitar elektrik tentu saja memerlukan Ampli, kecuali jika anda sudah menggunakan model USB Gitar.

  • Ampli Gitar

Ampli berguna untuk memberi tenaga pada gitar elektrik. kita bisa menggunakan ampli yang sesuai dengan kebutuhan kita.

  • Mikrofon

Saat hendak merekam vokal atau merekam gitar akustik, tentu kita memerlukan sebuah mikrofon. Pilihlah mikrofon yang bertipe Cardioid, karena cukup peka terhadap bunyi.

  • Efek

Semua model efek analog bisa anda pakai, tapi ingat dengan memakai efek eksternal suara yang dihasilkan tidak bersih lagi karena memakai efek sejak awal.

  • Headset

Kita bisa menggunakan headset yang tanpa atau yang dilengkapi mikrofon. pilihlah sesuai kebutuhan anda.

  • Speaker

Gunakan speaker yang bagus sehingga kita bisa mempreview pekerjaan kita.

  • ASIO Driver

Aplikasi seperti Adobe Audition akan menagih dan menyarankan anda untuk menginstal dan mengaktifkan driver jenis ini. Jika soundcard komputer anda bagus, mungkin masalah Latency tidak akan menjadi suatu halangan. Maksud latency begini.. ketika anda sudah berteriak di depan mikrofon, tetapi suara anda tidak langsung terdengar di komputer atau tidak Real Time. Dengan ASIO (Audio Stream Input Output) Driver semua keterlambatan pembacaan rekaman oleh komputer dapat diatasi. Anda dapat mengunduh aplikasi ini secara gratis di http://www.asio4all.com

Nah itu adalah kebutuhan piranti ideal,… namun jika budget kita terbatas tak usah memaksakan diri untuk mengadakannya. Kita masih tetap bisa membuat karya musik meskipun dengan segala keterbatasan karena Adobe Audition juga dilengkapi dengan Sequencer MIDI. Tinggal instal efek VSTi (efek untuk instrumen), maka anda dapat dengan mudah membuat suara drum atau instrumen lain dengan menggunakan Keyboard virtual.

Jika anda sudah membaca Ringkasan saya yang berjudul ” Cara Mudah Membuat Arransemen Musik Di Komputer Dengan MODPlug Tracker “ segala keterbatasan akan bisa kita siasati. Jika anda bisa menggunakan MODPlug Tracker, maka anda tidak lagi memerlukan GitarAmpli, dan Efek. Buatlah arransemen lagu anda dengan MODPlug Tracker atau juga bisa menggunakan software lain seperti Fruityloops dan Guitar Pro (akan saya bahas dalam ringkasan saya selanjutnya),.. setelah itu untuk proses editing dan merekam vokal baru anda gunakan Adobe Audition.

2. Pengenalan Adobe Audition

Adobe Audition adalah aplikasi pengolah musik, sequencer dan pengarransemen yang sudah dilengkapi dengan mixer virtual berfasilitas otomatis. Jumlah track-nya bisa mencapai ratusan ditambah fasilitas efek yang begitu komplit sehingga cocok untuk kebutuhan memproduksi musik dari skala rumahan sampai profesional.

Jendela kerja Adobe Audition terdiri dari 3 jendela utama yaitu :

  • Edit View

Jendela ini digunakan untuk editing atau penyuntingan file audio.

  • Multitrack View

Digunakan untuk merekam dan mengaransemen musik, disini anda dapat menambahkan beberapa track sekaligus sesuai dengan kebutuhan antara Audio track, MIDI track, Video track dan Bus track

  • CD View

Jika anda telah selesai dengan pekerjaan anda dan ingin langsung memproses file anda ke CD, anda dapat menggunakan jendela ini.

3. Mulai Bekerja Dengan Adobe Audition.

Buka Adobe Audition, secara default Audition akan langsung membuka jendela kerja yang terdiri 6 audio track, anda dapat menambahkan atau mengurangi sesuai kebutuhan anda. Jika anda baru pertama kali menggunakan Audition, sebaiknya pastikan dulu Windows Recording Mixer anda sudah dalam keadaan aktif. Jika belum maka anda dapat mengaturnya dengan cara klik Options > Windows Recording Mixer.

Kemudian langkah selanjutnya adalah mengatur Input dan Output pada Audition. Pada multitrack view, di panel Main di situ terdapat audio track, kemudian di setiap track akan terbaca audio driver pada komputer anda. klik tanda panah sebelah kanan tab audio driver tersebut, pilih Audio Hardware Setup, setelah terbuka ubahlah semua audio drivernya dengan ASIO (jika anda sudah menginstal ASIO, jika belum yang terbaca adalah Audition 3.0. Windows Sound)

Sekarang anda siap merekam musik anda. Klik huruf R sehingga button akan berubah warna menjadi merah dan secara otomatis Audition akan meminta anda untuk menyimpan file ke dalam temporary dir yang sudah anda pilih pada saat anda menginstal Audition.

Selamat Berkarya,

Karena keterbatasan ruang, terpaksa ringkasan saya cukupkan sampai di sini, meski sebetulnya masih banyak hal yang belum tersampaikan. Lain kali akan saya lanjutkan Ringkasan ini.

 

3 thoughts on “Tutorial Recording dengan laptop atau komputer

  1. Pingback: URL

  2. Hello Web Admin, I noticed that your On-Page SEO is is missing a few factors, for one you do not use all three H tags in your post, also I notice that you are not using bold or italics properly in your SEO optimization. On-Page SEO means more now than ever since the new Google update: Panda. No longer are backlinks and simply pinging or sending out a RSS feed the key to getting Google PageRank or Alexa Rankings, You now NEED On-Page SEO. So what is good On-Page SEO?First your keyword must appear in the title.Then it must appear in the URL.You have to optimize your keyword and make sure that it has a nice keyword density of 3-5% in your article with relevant LSI (Latent Semantic Indexing). Then you should spread all H1,H2,H3 tags in your article.Your Keyword should appear in your first paragraph and in the last sentence of the page. You should have relevant usage of Bold and italics of your keyword.There should be one internal link to a page on your blog and you should have one image with an alt tag that has your keyword….wait there’s even more Now what if i told you there was a simple WordPress plugin that does all the On-Page SEO, and automatically for you? That’s right AUTOMATICALLY, just watch this 4minute video for more information at. Seo Plugin

  3. Pingback: Read More Here

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s